Selasa, 01 Mei 2012

MENGOLAH SINOPSIS SKENARIO


Ketika ide dasar cerita  sudah kita dapatkan, dan kita yakin kalau ide cerita dasar ini kuat dan menarik  maka sebelum kita membuat ide dasar cerita itu menjadi sinopsis. Ada baiknya kita mengembangkan ide dasar cerita itu menjadi sebuah cerita singkat yang akan mengarahkan pada kita, mau dibawa kemana cerita ini.

Cerita singkat yang kita buat itu, usahakan panjangnya satu (1) atau  dua (2) paragraf saja. Yang terpenting sekali, cerita dasar yang kita buat itu harus
mewakili dari cerita keseluruhan yang akan kita buat nanti. Dengan demikian, cerita dasar atau cerita singkat itu yang kita buat itu akan berguna dalam menuntun alur cerita dari sinopsis yang akan dibuat nanti.

Cerita singkat dari pengembangan ide dasar ini bisa dibuat lebih dulu atau langsung pada pengerjaan sinopsis . Dan itu sah-sah saja, bisa disesuaikan dengan selera atau kebiasaan dalam mengerjakan sinopsis. Tapi berdasarkan pengalaman penulis ketika mengerjakan sinopsis, cerita singkat yang kita buat lebih dulu akan sangat membantu.

Dan saat mengolah dalam membuat sinopsis ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sinopsis ini menjadi lebih menarik dan membantu kita saat membuat treatmen skenario nantinya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan, sbb :

Pertama :
Mainkan imajinasi dengan bahan bakar cerita singkat yang sudah dibuat tadi, dan buatlah alur yang menarik. Misalnya, cerita ini dimulai dari sebuah kejadian..bla..bla...bla... yang kemudian terus mengkerucut atau mengembang pada konflik yang sudah kita rencanakan.

Kedua :
Karakter tokoh mulai dipikirkan, konsistensi karakter di dalam alur cerita dari sinopsis harus menjadi satu hal yang diperhatikan. Mulai dari adegan per adegan yang kita tulis, sang tokoh tidak boleh melenceng dari karakter yang sudah disepakati sejak awal adegan.

Ketiga :
Seting cerita yang akan dimasukan alur cerita, harus pula diperhatikan. Setting ini harus menguatkan dari alur cerita atau adegan per adegan yang dibangun dari awal.

Ke-empat :
Kembangkan konflik  adegan per adegan dari alur yang kita bangun, dan usahakan lebih variatif. Boleh saja mengambil beberapa konten atau alur cerita dari film atau sinetron lain, tapi dengan catatan harus dimodifikasi dan disesuaikan dengan konten cerita yang dibangun agar lebih menguatkan. Jika hanya mengacaukan, sebaiknya memikirkan konten yang lain saja.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengerjakan sinopsis untuk skenario sinetron atau film yang akan kita buat. Tapi masih ada banyak hal-hal yang bisa kita perhatikan dalam membuat sinopsis agar sinopsis yang kita buat menjadi lebih menarik dan lebih “menggigit”.

Mungkin dari teman-teman ada yang ingin menambahkan, silahkan agar proses belajar ini dapat bermanfaat bagi diri penulis dan bermanfaat pula untuk teman-teman semua...

Itu saja dari saya, tetap semangat menulis dan jangan pernah berhenti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar