Jumat, 09 Desember 2011

BUKA BUKU BUKA JENDELA DUNIA


library.narotama.ac.id 

Buku adalah jendela dunia. Ketika membaca buku seolah-olah  sedang melihat dunia di luar sana melalui jendelanya. Kondisi dan situasi di belahan dunia lain kita bisa melihatnya dan menjadikan kita tahu lika-liku dunia yang sedang di lihat itu.



Dan ketika seseorang menanyakan perihal dunia yang sudah kita lihat itu, kita akan mampu menjawabnya dengan gamblang tanpa pernah kita menginjakan kaki kita di situ. Luar biasa bukan?

Membaca memang memberikan dampak yang sangat bagus bagi perkembangan pengetahuan dan wawasan. Bahkan secara medis orang yang sering membaca akan
meransang  sel-sel memori dalam otaknya bekerja dan ini akan berpengaruhi pada kualitas ingatan dan panjangnya umur memori kita. Dengan kata lain, orang yang sering membaca akan lebih lama mengalami  kepikunan ketimbang orang yang tak suka membaca.

Selain itu juga, membaca dapat memberikan banyak kosakata dan pemahaman kalimat yang sangat banyak pada memori, maka seringkali kita melihat  orang-orang yang susah sekali memilih dan memilah kata-kata untuk dikeluarkan dalam bentuk tulisan atau pun oral. Kecerdasan memilih dan memilah kata memang bisa dilatih melalui membaca, terlebih lagi untuk orang-orang yang banyak menggunakan kecerdasan memilah dan memilih kata seperti profesi penulis dan seorang orator, pengacara atau politikus.

Ketersedian kosakata dalam gudang memorinya akan mempengaruhi gaya dan kecerdasannya memilih dan memilah kata sehingga terdengar lebih cerdas dan menarik. Bahkan mampu menarik lawan bicaranya untuk mempercayai  dirinya meskipun dia berbohong, seperti para politikus di negeri  ini..hehehe… (Red: just kidding J)

Dan bila keinginan menjadi penulis begitu menggebu di hati, maka membaca menjadi suatu kebutuhan pokok yang harus dikerjakan terus menerus. Ibarat tentara yang membawa senjata, membaca buku adalah peluru untuk menulis. Maka sebelum melangkah untuk menjadi penulis, membaca dulu itu lebih baik meskipun kedua-duanya bisa dilakonin secara bersamaan.

Ini salah satu efek dari kebiasaan membaca buku, masih banyak lagi keistimewaan dan manfaat dari membaca buku. Tapi jangan membaca buku porno ya, karena itu akan berdampak buruk bagi mental kita jika belum cukup dewasa dan belum cukup umur untuk memahami itu semua.

Mungkin ada yang ingin menambahkan manfaat dari membaca buku, silahkan.  Semoga bermanfaat untuk semua dan AYO BACA BUKU!!.//spd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar